Usia 54 Tahun, Ayah Saya Mencari Pekerjaan!

Pada awal tahun 1970-an, saya sudah lulus perguruan tinggi dan berada di Pensacola, Floridam menjalani pelatihan pilot untuk Korps Marinir, untuk dikiirm ke Vietnam.  Ayah saya saat itu adalah Kepala Bidang Pendidikan untuk Negara bagian Hawaii dan anggota staf gubernur.  Suatu malam, ia menelpon saya di kamar saya di pangkalan.

“Nak,” katanya.  “Aku akan mengundurkan diri dari pekerjaanku dan mencalonkan diri sebagai wakil gubernur Negara nagian Hawaii untuk Partai Republik.”  Saya menelan ludah dan berkata, “Ayah akan mencalonkan diri melawan bos Ayah?”

“Benar,” jawabnya.

“Kenapa?” Tanya saya.  “Partai Republik tidak mungkin menang di Hawaii.  Suara Partai Demokrat   akan menjadi kandidat gubernur, dan aku akan menjadi pendampingnya.”

Ayah saya dan kandidat Partai Republik kalah, sesuai dugaan.  Gubernur yang kembali terpilih menyebarkan pesan bahwa ayah saya tidak boleh mendapat pekerjaan lagi dalam pemerintahan negara bagian Hawaii… dan ia memang tak pernah memperolehnyaPada usia 54 tahun, ayah saya mencari pekerjaan.  Ia duduk di rumah, menunggu telpon berdering, mencoba berhasil dalam dunia bisnis, dunia yang sama sekali tidak dikenalnya.

Di usia pertengahan ayah saya mencari pekerjaan baru.  Ia berpindah-pindah dari satu pekerjaan dengan jabatan tinggi dan bayaran rendah ke pekerjaan lain dengan jabatan tinggi dan bayaran rendah juga.

Ia seorang pria tinggi, brilian, dan dinamis yang tidak lagi diterima dalam satu-satunya dunia yang ia kenal, dunia pegawai pemerintah.  Ia mencoba beberapa bisnis kecil.  Dalam beberapa saat ia bekerja sebagai konsultan, dan bahkan membeli sebuah waralaba, tapi semua gagal.  Ketika usianya semakin lanjut, dan kekuatannya menyusut, demikian juga semangatnya untuk memulai lagi dari awal;  Kelesuannya semakin meningkat setelah bisnisnya satu per satu gagal.

Ia seorang pegawai sukses yang mencoba bertahan hidup sebagai seorang pengusaha dimana ia tidak mempunyai latihan atau pengalaman dan yang tidak diminatinya.  Ia mencintai dunia pendidikan masyarakat, tapi ia tidak bisa menemukan sebuah jalan untuk kembali memasukinya.  Larangan atas pemakaian tenaganya sebagai pegawai pemerintah negara bagian diam-diam diberlakukan.  Dalam lingkungan tertentu, istilah yang dipakai adalah “masuk daftar hitam”.

Jika bukan karena Jaminan Sosial dan Kesehatan, tahun-tahun terakhir hidupnya akan sepenuhnya hancur.  Ia meninggal dalam keadaan frustrasi dan agak marah, namun ia meninggal dengan hati nurani bersih.

(Kutipan buku Robert Kiyosaki: The Cashflow Quadrant).

****

Untuk konsultasi tabungan asuransi Prudential, hubungi Rony: 0812 411 45 999

About Rony M

Rony adalah agen asuransi Prudential dengan kode agen 00266224 dan nomor lisensi AAJI: 11379005. Untuk konsultasi dan presentasi tabungan asuransi Prudential, hubungi Rony: 0812 411 45 999 atau email: ronce158@gmail.com.
This entry was posted in 4. Usia 54 tahun ayah saya mencari pekerjaan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

